Tuesday, September 4, 2018


saman.

Saman adalah salah satu ekskul di SMP Labschool Jakarta. Pelaksanaan ekskul saman ada di hari Jum’at setelah selesai sholat zuhur. Bertempatan di bawah masjid atau biasa disebut koridor masjid. Pelatih saman biasa disebut abang. Saya dilatih oleh Bang Fikar yang memang sudah lama melatih tari saman. Latihan saman digabung antara kelas 7 dan 8.
Sekarang, saya akan memberi tahu sedikit tentang tarian saman. Seperti yang mungkin kita sudah tahu bahwa tari saman berasal dari Aceh. Tari Saman adalah sebuah tarian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair dalam tarian saman mempergunakan Bahasa Gayo. Selain itu biasanya tarian ini juga ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. Tari saman ditetapkan UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.
Nah, karena kalian sudah tahu sedikit tentang tari saman, saya akan memberi tahu makna dan juga fungsinya. Tari Saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan atau dakwah. Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan dan kebersamaan. Sebelum saman dimulai yaitu sebagai mukaddimah atau pembukaan, tampil seorang tua cerdik pandai atau pemuka adat untuk mewakili masyarakat setempat atau nasihat-nasihat yang berguna kepada para pemain dan penonton. Lagu dan syair pengungkapannya secara bersama dan berkesinambungan, pemainnya terdiri dari pria-pria yang masih muda-muda dengan memakai pakaian adat. Penyajian tarian tersebut dapat juga dipentaskan, dipertandingkan antara grup tamu dengan grup sepangkalan. Penilaian dititik beratkan pada kemampuan masing-masing grup dalam mengikuti gerak, tari dan lagu syair yang disajikan oleh pihak lawan.


Image result for tari saman labschool rawamangunAda tarian yang sangat mirip dengan saman. Tetapi pada dasarnya bukan saman. Yaitu Ratoh Jaroe. Ratoh berarti menari dan Jaroe berarti jemari. Pada pembukaan Asian Games 2018 yang dilaksanan di Jakarta, Stadion GBK sebenarnya bukan saman melainkan Ratoh Jaroe.

1 comment:

libur libur libur mantap jiwa

Cerita Liburan HAIII kembali dengan tugas BTIK yang mengharuskan saya untuk menulis cerita liburan. Padahal kalau dipikir-pikir garis ...